Skip to content

Mempertegas Komitmen Kebangsaan Pada Setiap Program Corporate Social Responsibility (CSR)

  • by

Sahabat istimewa,

Mari bersukacita, merayakan 77 tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di 2022 dengan mengikuti Nusantara CSR Awards 2022 yang memasuki tahun ke 13 – untuk menegaskan kembali komitmen kebangsaan kita melalui program Corporate Social Responsibility yang membawa cerita perubahan di masyarakat maupun lingkungan hidup.

Cerita perubahan sebagai pencapaian SDGs atau Sustainable Development Goals tentu menjadi jawaban atas permasalahan terkini komunitas lokal atau pemangku kepentingan yang menjadi tanggung jawab sosial perusahaan. Nusantara CSR Awards 2022 akan menilai dan memberikan penghargaan berupa sertifikat dan trophy pada perusahaan-perusahaan yang menjalankan program CSR yang baik yang berhasil mengubah kondisi awal yang penuh keterbatasan menjadi sejahtera.

Lebih dari itu, adalah pertanyaan menarik bila kita mengaitkan praktik bisnis dengan tanggung jawab sosial perusahaan, seperti kelangkaan batubara untuk perusahaan energi listrik PLN dan minyak goreng bagi masyarakat umum yang terjadi belakangan ini di dalam negeri. Di mana CSR perusahaan batubara maupun kelapa sawit? Kenapa mereka tidak bertanggung jawab terhadap kesulitan yang dialami masyarakat? Memang perusahaan tidak memiliki komitmen kebangsaan seperti halnya pemilik perusahaan. Tetapi perusahaan tunduk pada aturan dan perundang-undangan yang berlaku. Termasuk menjalankan CSR.

Untuk meluruskan sengkarut kelangkaan batubara dan minyak goreng, kami akan mengundang secara khusus Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan untuk memberikan keynote pada Malam Penganugerahan Nusantara CSR Awards 2022 di Bali Room Hotel Indonesia Kempinski Jakarta, 26 Agustus 2022. Untuk membandingkan bagaimana seharusnya praktik bisnis dan tanggung jawab sosial perusahaan batubara dan kelapa sawit dan lainnya (dominasi swasta) dengan sisi lainnya yaitu Badan Usaha Milik Negara, kami akan mengundang Menteri BUMN Erick Thohir untuk juga menyampaikan keynote: Bagaimana Bersenyawanya Praktik Bisnis dan CSR Perusahaan Negara.

Kita juga perlu mendengarkan kesaksian sesungguhnya dari Ketua Umum GAPKI – Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia – Joko Supriyono, dan Ketua Umum APBI – Asosiasi Perusahaan Batubara Indonesia – Pandu Sjahrir, pada Malam Penganugerahan Nusantara CSR Awards 2022.

Pada perayaan 77 Tahun Indonesia di 2022 ini kami ingin menobatkan Direktur Utama BRI Sunarso sebagai THE BEST CEO CSR OF THE YEAR (2022) karena BRI sebagai BUMN mencetak laba dan kontribusi tertinggi di 2021 dengan kinerja CSR yang dilaporkan sangat baik pada Nusantara CSR Awards 2021. Sebagai catatan, THE BEST CEO CSR OF THE YEAR (2021) dinobatkan kepada Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati, dan THE BEST CSR OF THE YEAR (2021) kepada PT Pertamina (Persero).

Nusantara-CSR-Awards-2022

Leave a Reply

Your email address will not be published.