“Save Our Money as Save Our Earth” oleh STIE Perbanas Surabaya

Surabaya, 20 Agustus 2016 – Untuk ketiga kalinya, The La Tofi School of CSR kembali memberikan penghargaan pemecahan rekor inisiatif lingkungan Indonesia Extraordinary Green Award kepada STIE Perbanas Surabaya.

Kali ini STIE Perbanas Surabaya menerima rekor ini karena menghasilkan sebanyak 1.000 celengan kreatif dari barang-barang tak terpakai. Latar belakang dari dilaksanakannya pemecahan rekor yang bertema “Save Our Money as Save Our Earth” adalah pada era modern saat ini dimana banyak anak kurang bisa memanfaatkan uang jajan yang diberikan oleh orang tuanya. Seiring berkembangnya teknologi membuat rasa ingin tahunya meningkat. Salah satunya munculnya alat komunikasi yang semakin canggih dan menjadi trend dari era sekarang. Sehingga anak-anak cenderung lebih asik dengan gadgetnya masing-masing dan kurang bisa meminimalisir dirinya sendiri dan keuangannya.

Untuk meningkatkan kemauan akan menabung, mahasiswa STIE Perbanas Surabaya menggagas untuk membuat celengan (money box) yang lucu dan kreatif serta memuat kata-kata softskill. Celengan dibuat dari bahan bekas atau bahan daur ulang agar dapat mengurangi dampak sanapah yang ditimbulkan terhadap lingkungan dan juga mengenalkan bahwa sampah juga dapat bermanfaat jika diolah dengan baik dan benar.

Inisiatif ini adalah merupakan bagian dari Grand Design Softskill STIE Perbanas Surabaya yang diharapkan akan terbangun karakter individual yang tangguh, percaya diri, beretika, inovatif, serta bisa menilai dan mengikuti dinamika perubahan, yang pada saatnya nanti akan membangun karakter bangsa yang unggul pula.

Salah satu implementasi softskill dalam aktifitas ekstra kurikuler mahasiswa adalah adanya program tahunan bagi mahasiswa semester kedua yang disebut Super Softskills Mentoring (SSM). Pada tahun 2016 ini, program ini disebut SSM-2016. Kegiatan ini merupakan kegiatan wajib yang harus diikuti oleh mahasiswa angkatan 2015. Pengembangan softskills ini secara umum bertujuan meningkatkan sofiskills mahasiswa khususnya dalam aspek-aspek atribut seperti: pengenalan diri, motivasi berprestasi, mengelola emosi atat stress management dan kemampuan menerapkan teknik-teknik belajar yang efisien, dan lain-lain.