Kaltim Ukir Rekor Inisiatif Hijau Murihindo

Balikpapan, 17 September 2016 – Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kalimantan Timur berhasil mengukir Rekor Inisiatif Hijau Indonesia dan menerima penghargaan dari Museum Rekor Inisiatif Hijau Indonesia (MURIHINDO) yang diserahkan langsung oleh pihak MURIHINDO pada acara puncak kegiatan Bakti Sosial dan Jambore Tagana 2016 yang berlangsung 15-18 September di Pantai Lamaru, Balikpapan.

Penghargaan yang ditandatangani dan diserahkan langsung oleh La Tofi selaku Chairman The La Tofi School of CSR tersebut diberikan atas rekor penanaman pohon untuk mencegah terjadinya bencana alam dalam kerangka aksi Kaltim Green, Rencana Aksi Daerah Gerakan Rumah Kaca, Dewan Daerh Perubahan Iklim, dan Green Growth Compact. Inisiatif ini menjadikan Tagana Kaltim yang tidak hanya menangani setelah bencana terjadi, tetapi menghindari terjadinya bencana alam. Penghargaan ini diterima oleh Asisten Kesra Prov Kaltim, Bere Ali sebagai perwakilan Gubernur Kaltim.

Selain Tagana Kaltim pihak MURIHINDO juga menyerahkan penghargaan kepada Tagana Kemensos RI, atas rekor pengabdian luar biasa Tagana dalam setiap penanggulangan korban bencana di seluruh Indonesia, termasuk menangani kebakaran hebat lahan dan hutan di Sumatera dan Kalimantan pada tahun 2015. Atas pengabdian ini banyak orang dan hutan yang diselamatkan. Penghargaan diterima langsung oleh Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa.

Pada kesempatan yang sama, La Tofi juga menyerahkan penghargaan Museum Rekor Inisiatif Hijau Indonesia kepada Walikota Balikpapan Rizal Effendi karena telah menetapkan 52 persen wilayah Balikpapan sebagai hutan lindung untuk menciptakan keseimbangan alam dan sebagai upaya dini mencegah bencana.

Kepada Bupati Kutai Kartanegara Ibu Rita Widyasari, atas konsistensinya menegakkan Perda Nomor 10 Tahun ‎2013 Tentang Tanggung Sosial Perusahaan dengan maksud menjaga kelestarian lingkungan dan menciptakan kesejahteraan. Atas upaya ini Kutai Kartanegara secara fundamental melakukan upaya pencegahan dini dari bencana alam dan bencana sosial. Penghargaan diterima oleh perwakilan Bupati Kutai Kartanegara, DR. HAPN. Hariyanto Bahroel, Sekretaris Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura.

Dianugerahkan kepada Ketua Umum Forum CSR Kesejahteraan Sosial Kalimantan Timur Ibu Dayang Donna Faroek, atas rekor penanganan terhadap penyandang masalah kesejahteraan sosial melalui kerjasama dengan perusuhaan dalam kerangka CSR. Atas kepedulian yang luar biasa ini, banyak penyandang masalah terbantu, dan secara tidak langsung akan menghindarkan terjadinya bencana sosial.