CSR Jawa Barat Maju Bersama ‘Mitra’

Bandung, 14 Maret 2017 – Program Corporate Social Responsibility (CSR) disebut menjadi salah satu bantuan untuk kemajuan Provinsi Jawa Barat dalam program-program pembangunan. Selama 2016, tercatat 117 proyek CSR berbasis Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL).

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan meresmikan Proyek-Proyek CSR-PKBL Jawa Barat Tahun 2016 di Hotel Inter Continental Bandung, Selasa (14/3). Acara dibuka langsung oleh Gubernur dan dihadiri sekitar 50 perusahaan.

“Acara ini sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan Pemerintah Provinsi Jawa Barat kepada perusahaan yang telah berkontribusi dan berhasil menjalankan program kegiatan CSR dan telah bersinergi dengan program-program pemerintah,” kata Gubernur Jabar dalam sambutannya. Gubernur mengatakan berdasarkan data BPS berbagai kemajuan dan pertumbuhan ekonomi berjalan dengan sangat baik di Jawa Barat. Dari bidang ekonomi, pendidikan, kesehatan hingga infrastruktur.

“Namun masih banyak pekerjaan rumah yang harus kita selesaikan. Setidaknya dibutuhkan dana sebesar Rp 600 triliun rupiah untuk mewujudkan Jawa Barat provinsi termaju di Indonesia, dan pemerintah tidak akan mampu jika harus memenuhi seluruhnya dengan hanya mengandalkan pendanaan bersumber APBD dan APBN. Dengan demikian, perlu peran serta multipihak, terutama masyarakat dan dunia usaha,” kata Heryawan.

Gubernur pun menyebutkan Pemprov Jabat juga mengembangkan konsep JABAR MASAGI, yang menjadi spirit kuat dan dorongan dalam melakukan sinergitas dan kerjasama lebih luas dengan seluruh pemangku kepentingan di Jawa Barat. Salah satu upaya yang dilakukanadalah dengan mengajak dunia usaha untukmelakukan praktik investasi dan bisnis yang bertanggungjawab sosial melalui program CSR. Lebih dari sekedar charity atau santunan, konsep Jabar Masagi dalam mengembangkan pola kemitraan CSR. Dengan diarahkan sebagai sebuah investasi sosial dari dunia usaha untuk berpartisipasi membangun Jawa Barat.