Indonesia Green Awards 2017

Indonesia Green Awards 2017 merupakan penghargaan lingkungan tahunan yang akan memasuki penyelenggaraan ke-8. Buat kami di The La Tofi School of CSR, IGA ke-8 ini terasa istimewa karena berhasil melampaui tahun-tahun kerja keras untuk membangunkan kesadaran banyak pihak dalam pelestarian lingkungan. Kami bisa melihatnya dari kecenderungan 3 tahun terakhir ini, peserta dan kualitasnya meningkat tajam.

Pada tahun ke-8 ini, Indonesia Green Awards mensyaratkan setiap inisiatif (berdasarkan kategori yang diikuti) merupakan CERITA PERUBAHAN. Apa yang terjadi sebelum dan sesudah inisiatif adalah sesuatu yang sangat penting untuk dijelaskan. Tentu saja CERITA PERUBAHAN bukanlah sekedar gambaran dari tidak ada menjadi ada, tetapi apa yang berkembang kemudian. Ceritakan perubahan yang terjadi!

31 Perusahaan dan 5 Pemerintah Daerah Meraih Indonesia Green Awards 2017

Sebagai lembaga pendidikan tanggung jawab sosial perusahaan, The La Tofi School of CSR, mendorong tanpa henti segenap pemangku kepentingan untuk merawat bumi yang satu melalui Indonesia Green Awards yang diadakan setiap tahun. Kemarin (3/5/17) bertempat di Hotel Indonesia Kempinski Jakarta, mereka mempresentasikan berbagai inisiatifnya sebelum mendapatkan penghargaan.

“Tahun ini sebagai tahun ke 8 penyelenggaraan IGA, terasa istimewa karena peraih penghargaan yang berasal dari 31 perusahaan induk dan 5 pemerintah daerah mendaftarkan perubahan lingkungan yang lebih baik atas inisiatif tanggung jawab sosialnya melalui 136 program.  Tentu saja ini merupakan perubahan yang signifikan terhadap lingkungan, karena mereka melakukannya melalui kategori IGA, mulai dari konservasi air hingga keanekaragaman hayati dan pengolahan sampah terpadu. Termasuk di dalamnya, mengembangkan energi baru dan terbarukan untuk menjawab persoalan kebutuhan energi,” ujar La Tofi, chairman The La Tofi School of CSR.

Ikut hadir memberikan sambutan dan penghargaan, Imam Hendargo Abu Ismoyo, Inspektur Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan mantan ketua Mahkamah Konstitusi Hamdan Zoelva yang juga menjadi Senior Advisor The La Tofi School of CSR. Imam Hendargo sangat mengapresiasi kreatifitas perusahaan dalam menciptakan program-program penyelamatan lingkungan. Sementara Hamdan Zoelva mengharapkan perusahaan dan pemerintah daerah makin berkolaborasi meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam konteks konservasi lingkungan. Lakukan melampaui apa yang diamanatkan oleh regulasi, kata Hamdan. Menurutnya, kategori-kategori dalam Indonesia Green Awards, bila diikuti akan menyelamatkan lingkungan.

Kategori IGA yang ditujukan untuk perusahaan:
1.    Penyelamatan Sumber Daya Air. 
       Melakukan upaya konservasi sumber daya air secara sistematis yang berdampak pada ketersediaan air tanah bagi kehidupan masyarakat.
2.    Menghemat Energi dan Penggunaan Energi Baru dan Terbarukan
       Penghematan yang signifikan dan atau dilakukan sebagai upaya mengganti energi fosil.
3.    Mengembangkan Keanekaragaman Hayati
       Mengambil inisiatif dalam mempertahankan dan merestorasi keanekaragaman hayati, baik ekosistem laut maupun darat, agar mata rantai kehidupan alam berlangsung normal.
4.    Mempelopori Pencegahan Polusi
       Melalui kebijakan dan rekayasa teknologi. 
5.    Mengembangkan Pengolahan Sampah Terpadu
      Melakukan inovasi dalam sistem pengolahan sampah.

Kategori IGA yang ditujukan untuk pemerintah provinsi dan kabupaten-kota:
1.    Green Province
       Adalah upaya pemerintah provinsi dalam meningkatkan kualitas lingkungan melalui berbagai kebijakan dan inisiatif.
2.    Green City
       Kabupaten/kota yang mempunyai program lingkungan hijau, menyediakan ruang terbuka hijau, mengendalikan pencemaran dan polusi, mengkampanyekan budaya bersih dan sehat, sehingga memberikan dampak positif terhadap peningkatan mutu lingkungan hidup

Beberapa perusahaan telah berhasil menyabet The Best IGA 2017 karena telah memenangi  kelima kategori adalah PT PLN (Persero), PT Toyota Astra Motor, PT Biofarma (Persero), PT Pertamina Geothermal Energy, PT Astra Agro Lestari Tbk, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, PT Pertamina EP dan PT Pamapersada Nusantara. Mereka termasuk sebagai 31 perusahaan induk yang mendapatkan penghargaan karena dinilai berdasarkan dampak programnya yang cukup signifikan terhadap lingkungan dan komunitas.

Sementara untuk kategori Green Province diraih oleh provinsi Jambi, Jawa Tengah dan Nusa Tenggara Barat. Sedangkan untuk kategori Green City dimenangkan oleh Kota Pontianak dan Kabupaten Siak.
Indonesia Green Awards 2017 ini diselenggarakan oleh The La Tofi School of CSR bekerjasama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan Kementerian Perindustrian.